• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Benteng Pendem, Cilacap

 on 13 October 2015  

Pada kesematan kali ini saya akan membahas mengenai bangunan bersejarah yang sebelumnya sudah saya janjikan pada postingan Pantai Teluk Penyu sebelumnya.
Saya akan membahas mengenai bangunan bersejarah yaitu "Benteng Pendem",
Benteng Pendem Cilacap adalah benteng peninggalan jajahan Belanda bertempat di pesisir Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap, benteng ini dibangun pada tahun 1861 benteng ini dahulu digunakan untuk pertahanan tentara Belanda, benteng tersebut dibangun di area seluas 6,5 hektar selama 18 tahun dari 1861 sampai 1879. Benteng Pendem sempat tidak terurus karena tertutup pasir pantai kemudian pada tahun 1986 ditemukan oleh Pemerintahan Cilacap dan mulai digali. Benteng tersebut sekarang ini digunakan sebagai tempat wisata.
Benteng Pendem didesain oleh arsitek Belanda, berfungsi untuk menahan serangan dari arah laut bersama dengan Benteng Karang Bolong, Klinger, dan Cepiring. Benteng Pendem digunakan Belanda hingga tahun 1942 ketika perang melawan pasukan jepang benteng tersebut berhasil dikuasai dan pada tahun 1945 Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hirosima dan Nagasaki dibom oleh sekutu, sehingga Benteng Pendem diambil oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah.
Benteng Pendem memiliki beberapa ruangan yang masih kokoh sampai saat ini terdiri dari Barak, Benteng Pertahanan, Benteng Pengintai, Ruang Rapat, Klinik Pengobatan, Gudang Senjata, Gudang Mesiu, Ruang Penjara, Dapur, Ruang Perwira, dan Ruang Peluru.


Benteng Pendem, Cilacap 4.5 5 Unknown 13 October 2015 Benteng Pendem Cilacap Pada kesematan kali ini saya akan membahas mengenai bangunan bersejarah yang sebelumnya sudah saya janjikan pada postingan Pantai Teluk ...


2 comments:

  1. MAntap mengulas sejarah, Di Bengkulu juga ada benteng peninggalan inggris Benteng Malbrough bentuk nya seperti kura-kua
    #BW madyapalaumb.blogspot.com

    ReplyDelete

J-Theme